Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh - Shalat adalah ibadah yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan yang sangat melekat dengan gestu (gerakan khas tubuh seorang muslim). Tapi tahukah anda menurut sudut pandang pakar ilmiah menjadikan shalat adalah obat dari berbagai jenis penyakit. nah bagi anda yang ingin tahu penjelasannya silahkan simak artikel Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh : 

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

Takbiratul Ihram
Postur berdiri tegak,mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatkannya di depan perut atau dada bagian bawah. Manfaat dari gerakan ini adalah melancarkan aliran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak akan melancarkan darah keseluruh tubuh, saat mengangkat kedua tangan, otot bahu merenggang hingga alira darah kaya oksigen menjadi lancar. Lalu kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini mencegah gangguan persendian khsusnya pada tubuh bagian atas

Rukuk
Postur rukuk yang sempurna ditandai dengan tulang belakang yang lurus dan posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Manfaatnya adalah menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu dilutut berfungsi relaksi bagi otot-otot bahu hingga kebawah. 

I'Tidal
Postur bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telingan. Manfaatnya adalah merupakan latihan pencernaan yang baik. Karena organ di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya pencernaan menjadi lebih lancar.

Sujud
Postur menungging dengan meletakan kedua tangan, lutu, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Manfaatnya adalah alira getah bening di pompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen mengalir maksimal ke dalam otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang, karena itu lakukan sujud tuma'ninah , jangan tergesa - gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir.
Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan

Duduk
Postur duduk ada dua maca, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawaruk (tahhiyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki, manfaat saat iftisory adalah mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderita tidak mampu berjalan, sedangkan manfaat tawaruk sangat baik bagi pria karena tumit menekan  aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria, dan saluran vas deferens

0 Komentar untuk "Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh"

Back To Top